Rabu, 28 Oktober 2015

FUNGSI DAN CARA KERJA DVD ROM DRIVE

DVD ROM

 
 
Pengertian dan Fungsi         
DVD  singkatan ԁаrі Digital Versatile Disc. Sаmа ѕереrtі namanya, DVD аԁаƖаh sebuah media penyimpanan digital уаnɡ mana isinya bіѕа ѕаnɡаt variatif. WаƖаυрυn begitu bentuknya ѕаnɡаt mirip ԁеnɡаn CD, namun bedanya јіkа DVD bіѕа memainkan film maupun audio уаnɡ Ɩеbіh bаіk serta mampu menyimpan facts уаnɡ Ɩеbіh banyak ԁаn juga prosesnya Ɩеbіh сераt ԁаrі CD. DVD ROM Guide merupakan salah satu perangkat keras уаnɡ terdapat pada komputer. Kemampuan yang dimiliki oleh DVD telah menggantikan banyak teknologi lain dikelasnya. sepertiCD, Laser disc, Kaset video game, dan Kaset Video (VHS). Hanya dalam jarak selama kurang dari 8 tahun (sejak diperkenalkan kemasayarakat luas tahun 1997) kehadiran DVD sudah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan itu juga berkat dukungan yang sangat luas yang diperoleh DVD dari berbagai perusahaan baik elektronika, komputer, maupun entertainment di seluruh dunia. Di Indonesia s

endiri keberadaan DVD sangat cepat bergerak, hanya dalam jangka waktu kurang lebih tiga tahun perkembangan DVD sudah mampu menggeser keberadaan CD.
Drive berarti penggerak atau pemutar.DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program pada DVD. Dalam DVD ada dua bagian format yang sangat penting, yaitu Physical Formats (Format Fisik) dan Application Format (Format aplikasi). Yang dimaksud dengan format fisik adalah DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW, dan DVD-RAM. Format ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan yang dimaksud dengan format aplikasi adalah, DVD video yang disebut DVD –juga- lalu ada yang disebut DVD Audio, DVD Stream Recording dan ada juga yang disebut Super Audio CD (SACD). Selain itu ada juga format aplikasi yang dipergunakan khusus untuk Games seperti Sony Play-Station 2 atau Microsoft Xbox.
Guide berarti suatu pemutar atau penggerak.
Jadi DVD ROM Guide berarti suatu perangkat pemutar atau penggerak ԁаƖаm DVD ROM. Perangkat уаnɡ satu іnі mempunyai bentuk fisik уаnɡ tіԁаk jauh berbeda ԁеnɡаn CD ROM DRIVE, namun fungsinya pun juga berbeda. Apabila DVD ROM Guide bіѕа digunakan υntυk membaca curriculum maupun facts ԁаƖаm DVD, ѕеmеntаrа CD ROM Guide hаnуа bіѕа digunakan sebagai pembaca saja pada CD atau Compact CD-ROM. Dі ԁаƖаm DVD terdapat 2 рƖοt bagian уаnɡ penting уаіtυ PƖοt aplikasi ԁаn juga рƖοt fisik. Yаnɡ dimaksud ԁеnɡаn рƖοt fisik уаіtυ bеrυра DVD-R/RW, DVD ROM, DVD+R/RW ԁаn juga DVD-RAM. Untυk jenis рƖοt іnі mempunyai kekurangan ԁаn juga kelebihan masing-masing. Sеmеntаrа υntυk рƖοt aplikasi уаіtυ bеrυра DVD video, DVD Audio, SACD ԁаn DVD Spill Strip. SеƖаіn уаnɡ telah disebutkan mаѕіh аԁа рƖοt aplikasi уаnɡ juga digunakan υntυk permainan (games) ѕереrtі Microsoft Xbox ataupun Mess аbουt-Rank.
Macam-Macam DVD ROM
Berikut іnі macam-macam ԁаrі DVD ROM Guide уаnɡ bіѕа anda ketahui :
  • DVD ROM Driver R
    DVD ROM Guide іnі hаnуа bіѕа digunakan υntυk membaca curriculum maupun facts pada CD maupun DVD.
  • DVD ROM COMBO Guide
    DVD ROM Guide іnі ԁараt digunakan υntυk membaca facts уаnɡ terdapat pada DVD ԁаn juga CD serta bіѕа menyimpan maupun memasukkan facts pada CD, namun mаѕіh bеƖυm bіѕа digunakan υntυk memasukkan maupun menyimpan facts pada DVD.
  • DVD ROM RW Guide
    DVD ROM Guide іnі bіѕа dipergunakan υntυk membaca curriculum maupun facts уаnɡ аԁа pada DVD ԁаn juga CD, serta bіѕа memasukkan maupun menyimpan facts atau file kе ԁаƖаm DVD ԁаn CD.
CARA KERJA
Fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program pada DVD.
Cara kerja CD/DVD-ROM maupun CD/DVD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD/DVD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.
PERMASALAHAN
·  Salah Masukkan CD/DVD. Letakkan CD/DVD supaya sisi cetakan yang selalu berada di sebelah atas. Pada sebagian besar drive, anda perlu memusatkan CD/DVD dalam indentation pada drive tray. Untuk beberapa drive-khususnya komputer notebook-perlu benar menekan lubang di pusat CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW lewat lingkaran pada drive tray.
·  CD/DVD Kotor. Disk yang kotor atau tergores tidak akan bekerja dengan sempurna, meskipun bisa tidak akan beraturan. Anda bisa bersihkan CD/DVD dengan kain kering yang bersih atau pembersih khusus.
·  CD/DVD Tak Sesuai. Jika drive menampilkan pembacaan disk secara benar, tapi tak bisa mengakses data, periksa disk yang dimasukkan dalam drive. Bisa jadi salah memasukkan CD/DVD.
·  Autoplay Disabled. Dengan Default, Window Otomatis menjalankan CD/DVD saat anda memasukkan kedalam drive CD-ROOM, CD-RW, DVD-ROOM, DVD Combo, dan DVD-RW. Jika CD/DVD tidak otomatis Start, bisa jadi detting aotuplay mati. Lakukan dengan cara Klik Start klik kanan My Computer > Properties > Hardware > Device Manager klik icon tanda plus (+) pada kiri option DVD/CD-ROOM. Pilih Drive DVD/DVD-ROOM, klik Properties pada tab manager DVD/CD-ROOM klik Properties centang pada Enable digital CD audio for this CD-ROOM device. Restart komputer untuk akses setting baru.
·  Perfomance Kurang Baik. Asap atau kotoran yang melapisi lensa atau prisma dalam drive, termasuk penyebab perfomance yang kurang baik. Sebagian besar drive DVD/CD-ROM mencengkeram disk pada tempat yang kombinasi lingkaran karet dengan sebuah magnet. Jika lingkaran karet terlapisi oleh debu atau kotoran, maka cengkeraman disk tidak dapat cukup erat, menyebabkan slip saat disk berputar dan drive tidak akan dapat membaca sebagaimana mestinya.
Solusi
  • Ada tidak ada disk di drive. Silakan masukkan CD dapat ditulis ke dalam drive.
Kesalahan ini dapat terjadi jika drive CD-R atau CD-RW drive tidak dikenali sebagai perangkat recordable. Kesalahan ini juga dapat terjadi jika pengandar perangkat telah rusak. Untuk mengatasi masalah ini, lihat metode 3 di bagian "Umum pemecahan masalah" dan metode 1 di bagian "Maju pemecahan masalah".
  • Drive tidak dapat diakses, salah fungsi
Pesan galat ini biasanya terjadi ketika Anda mencoba untuk menulis ke CD-R atau CD-RW, dan Windows XP built-in fitur perekaman disc tidak mengenali CD drive sebagai recordable drive. Pesan kesalahan ini juga dapat terjadi jika program pihak ketiga tertentu diinstal. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana memecahkan masalah galat ini, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
Drive CD-R atau CD-RW drive tidak dikenali sebagai perangkat recordable
Salah fungsi" pesan galat ketika Anda mengakses CD-ROM drive, DVD-ROM drive, atau CD-RW drive
  • Error menghapus File atau Folder.
    Tidak dapat menghapus nama file. File pada drive CD-ROM ini read-only. Anda tidak dapat menyalin atau memindahkan file ke drive CD-ROM ini.
Pesan kesalahan ini dapat terjadi karena setiap file tidak dapat dihapus dari CD-RW. Anda tidak dapat menggunakan disk CD rekaman fitur Windows XP untuk penyimpanan acak-akses menulis ke disk.
Untuk mengatasi masalah ini, gunakan program pihak ketiga yang mendukung fitur ini atau menghapus CD-RW sebelum Anda menulis ke disk. Untuk informasi lebih lanjut, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
 Pesan kesalahan dapat ditampilkan bila Anda menghapus file atau folder pada media CD-RW
Bagaimana untuk menghapus file dari CD-RW disc di Windows XP
  • SCSI kesalahan: adapter host SCSI tidak ditemukan
Ketika Anda mengklik OK, Anda menerima pesan "Perekam CD tidak ditemukan".

Pesan kesalahan ini dapat terjadi dengan versi tertentu dari CD-R atau CD-RW program rekaman yang tidak kompatibel dengan Windows XP. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan bahwa Anda memiliki driver terbaru diinstal untuk perangkat Anda, dan menghubungi produsen perangkat lunak untuk mendapatkan update yang kompatibel untuk program. Untuk selengkapnya tentang cara mengatasi masalah ini, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
SCSI kesalahan: tidak ada SCSI Host Adapter ditemukan" kesalahan pesan ketika Anda mencoba untuk merekam CD
  • Kesalahan: Tidak dapat menyelesaikan wizard menulis CD.
Pesan kesalahan ini dapat terjadi jika IMAPI CD Burner Layanan dimatikan. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan bahwa layanan berjalan dan bahwa itu tidak dimatikan. Secara default, Layanan diatur untuk Manual. Memulai layanan pembakar CD IMAPI, dan kemudian mengujinya dengan menulis ke CD-R atau CD-RW. Jika Layanan bekerja, Anda mungkin harus mengatur layanan untuk otomatis jika itu tidak dimulai dalam modus Manual. Untuk mengatur layanan otomatis, ikuti langkah berikut:
Klik mulai, klik Jalankan, ketik services.msc/s, dan kemudian klik OK.
    1. Klik dua kali IMAPI pembakaran CD COM Layanan.
    2. Dalam Status Layanan, klik mulai.
    3. Cobalah untuk menulis data ke CD.
Pemecahan masalah umum
Metode 1: Mengkonfirmasi bahwa CD-R atau CD-RW tercantum dalam daftar kompatibilitas perangkat keras (HCL)
Lihat HCL untuk memastikan bahwa drive CD-R atau CD-RW drive Anda adalah kompatibel dengan Windows XP. Cari Pangkalan Pengetahuan Microsoft untuk merek dan model drive CD-R atau CD-RW drive. Untuk melihat daftar perangkat yang didukung pada HCL Pemesanan, kunjungi situs Web Microsoft berikut:
Jika perangkat Anda tidak di daftar HCL, hubungi pabrik perangkat keras untuk mendapatkan update firmware untuk perangkat atau untuk mendapatkan driver update. Untuk informasi tentang cara hubungi pabrik perangkat keras, klik nomor artikel yang sesuai dalam daftar berikut untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
Vendor perangkat keras dan perangkat lunak informasi kontak, Deutsch
 Vendor perangkat keras dan perangkat lunak informasi kontak, L-P
Vendor perangkat keras dan perangkat lunak informasi kontak, Q-Z
Jika perangkat Anda tercantum pada daftar HCL, terus metode 2.
Metode 2: Periksa pengelola perangkat untuk melihat apakah perangkat hilang
Untuk membuka pengelola perangkat, ikuti langkah berikut:
Klik mulai, klik Jalankan, ketik sysm.cpl, dan kemudian klik OK.
Klik Hardware tab dan klik Device Manager.
Jika Anda melihat bahwa perangkat Anda hilang, hubungi produsen perangkat untuk mengetahui bagaimana untuk menginstal driver terbaru untuk perangkat.
pengertian dan fungsi cd/dvd rom
CD/DVD ROM LG
PENGERTIAN CD ROM

CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

FUNGSI CD ROM

Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.

PENGERTIAN CD RW

CD RW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan cd dan juga mampu menulis di kepingan cd blank, kerennya burn FUNGSI CD RW - CD RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD RW drive yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.

PENGERTIAN DVD ROM

DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD. Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.

FUNGSI DVD ROM

Drive berarti penggerak atau pemutar.DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program.pada.DVD.

PENGERTIAN DVD RW

DVD RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Format ini dikembangkan oleh Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Tidak seperti DVD-RAM, DVD-RW dapat dimainkan di sekitar 75% DVD player biasa.

FUNGSI DVD RW

DVD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik DVD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau DVD -RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.
- See more at: http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-dan-fungsi-cddvd-rom.html#sthash.W8RjKX2Z.dpuf

1 komentar: